STRATEGI PROMOSI KESEHATAN

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

PERBANDINGAN STRATEGI PROMKES

Perbandingan strategi Promosi Kesehatan di berbagai belahan bumi hampir sama. Strategi Promkes tergantung pada beberapa faktor yaitu antara lain
  1. Menurut WHO
1)      Advocasi yaitu kemampuan meyakinkan orang lain, sasarannya adalah Pejabat pemegang kebijakan
2)      Dukungan sosial kemampuan mencari dukungan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, sasaran nya adalah TOGA,TOMA
3)      Pemberdayaan Masyarakat yaitu kemampuan untuk membuat masyarakat ikut berperan dalam promosi kesehatan,sasaran nya adalah masyarakat.
  1. Menurut Piagam Ottawa
1)      Kebijakan berwawasan Kesehatan ( Health Public Policy )  keberhasilan strategi promkes bergantung pada para pembuat kebijakan
2)      Lingkungan yang mendukung ( Supportive Environment ) strategi promkes ditujukan pada pengelola tempat umum
3)      Reorientasi pelayanan kesehatan ( Reorient Health Service ) strategi promkes difokuskan pada perubahan paradigma bahwa masyarakat bukan hanya sebagai penerima pelayanan kesehatan tetapi juga sekaligus sebagai penyelenggara kesehatan
4)      Keterampilan individu ( Personel Skill ) strategi promkes ditujukan untuk individu, bahwa kesehatan individu yang menjadi tolok ukur keberhasilan kesehatan masyarakat secara umum
5)      Gerakan masyarakat ( Comunity Action ) strategi promkes yang ditujukan kepada masyarakat dengan mendorong masyarakat untuk mengadakan kegiatan dan menggerakkan kegiatan untuk kesehatan.
Dan secara lebih spesifik di 4 negara yang diamati perbedaan yang bisa dijelaskan adalah sebagai berikut:
ü  NIGERIA
Strategi Promkes ditujukan kepada Personel Skill yang memuaskan dan mengarah kepada Comunity Action dengan hasil yang didapatkan adalah bahwa siswa dapat membantu promosi kesehatan mulut untuk mendidik orang lain tentang menyikat gigi yang tepat.
ü        TANZANIA
Berbeda dengan Nigeria, di Tanzania strategi Promkes Personal Skill belum bisa digunakan untuk membantu promosi kesehatan gigi dan mulut dikarenakan sebagian besar siswa tidak memiliki pengetahuan kesehatan mulut dasar yang memadai dan kunjungan perawatan gigi rendah, meskipun mereka memiliki kebersihan mulut yang baik dan menurunkan DMFT.
ü        TURKI
Strategi Promkes ditujukan kepada Personel Skill dalam hal ini adalah orang tua dari anak anak yang mendapatkan perlakuan Paedodontik sebagai Health Public Policy yang mempertimbangkan hubungan antara komposisi tubuh pasien dan kesehatan mulut, untuk memberikan layanan terbaik bagi pasien anak
ü        NORWEGIA
Strategi promkes dilakukan oleh Reorient Health Service karena dari perlakuan Health Public Policy temuan menunjukkan kebersihan mulut yang lebih baik, mengurangi perdarahan gingiva dan karies dentin yang tidak diobati dalam intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol semua bermanfaat untuk menghindari-risiko endokarditis infektif di masa depan. Jadi disini peran aktif masyarakat sebagai penyelenggara kesehatan yang menjadi strategi promkes gigi dan mulut.


ü        INDONESIA
Strategi Promkes di Indonesia ditujukan pada Dukungan sosial tokoh masyarakat dan tokoh agama, sasaran nya adalah Guru sebagai tokoh masyarakat.Guru sekolah berperan sebagai pendidik kesehatan gigi dan mulut dan perlu diberi pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan menyempurnakan keterampilan komunikasi. Selain membidik tokoh Masyarakat, Media yang digunakan pun memiliki peran yang tak kalah penting untuk mendapatkan keberhasilan promosi kesehatan yang ditargetkan.











DAFTAR PUSTAKA
http://promosikesehatandianhusada.blogspot.com/p/strategi-global-dian-husada.html                          (Diakses tanggal 01 Oktober 2018 )

















Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

0 Response to "STRATEGI PROMOSI KESEHATAN"

Posting Komentar