Perbandingan strategi Promosi Kesehatan di berbagai
belahan bumi hampir sama. Strategi Promkes tergantung pada beberapa faktor
yaitu antara lain
- Menurut WHO
1) Advocasi
yaitu kemampuan meyakinkan orang lain, sasarannya adalah Pejabat pemegang
kebijakan
2) Dukungan
sosial kemampuan mencari dukungan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama,
sasaran nya adalah TOGA,TOMA
3) Pemberdayaan
Masyarakat yaitu kemampuan untuk membuat masyarakat ikut berperan dalam promosi
kesehatan,sasaran nya adalah masyarakat.
- Menurut Piagam Ottawa
1) Kebijakan
berwawasan Kesehatan ( Health Public Policy )
keberhasilan strategi promkes bergantung pada para pembuat kebijakan
2) Lingkungan
yang mendukung ( Supportive Environment ) strategi promkes ditujukan pada
pengelola tempat umum
3) Reorientasi
pelayanan kesehatan ( Reorient Health Service ) strategi promkes difokuskan
pada perubahan paradigma bahwa masyarakat bukan hanya sebagai penerima
pelayanan kesehatan tetapi juga sekaligus sebagai penyelenggara kesehatan
4) Keterampilan
individu ( Personel Skill ) strategi promkes ditujukan untuk individu, bahwa
kesehatan individu yang menjadi tolok ukur keberhasilan kesehatan masyarakat
secara umum
5) Gerakan
masyarakat ( Comunity Action ) strategi promkes yang ditujukan kepada
masyarakat dengan mendorong masyarakat untuk mengadakan kegiatan dan
menggerakkan kegiatan untuk kesehatan.
Dan secara lebih spesifik di 4 negara yang diamati
perbedaan yang bisa dijelaskan adalah sebagai berikut:
ü NIGERIA
Strategi Promkes ditujukan kepada
Personel Skill yang memuaskan dan mengarah kepada Comunity Action dengan hasil
yang didapatkan adalah bahwa siswa dapat membantu promosi kesehatan mulut untuk
mendidik orang lain tentang menyikat gigi yang tepat.
ü
TANZANIA
Berbeda dengan Nigeria, di Tanzania
strategi Promkes Personal Skill belum bisa digunakan untuk membantu promosi
kesehatan gigi dan mulut dikarenakan sebagian besar siswa tidak memiliki pengetahuan kesehatan mulut dasar yang
memadai dan kunjungan perawatan gigi rendah, meskipun mereka memiliki kebersihan
mulut yang baik dan menurunkan DMFT.
ü
TURKI
Strategi Promkes ditujukan kepada
Personel Skill dalam hal ini adalah orang tua dari anak anak yang mendapatkan
perlakuan Paedodontik sebagai Health Public
Policy yang mempertimbangkan hubungan antara komposisi
tubuh pasien dan kesehatan mulut, untuk memberikan layanan terbaik bagi pasien
anak
ü
NORWEGIA
Strategi promkes
dilakukan oleh Reorient Health Service karena dari perlakuan
Health Public Policy temuan menunjukkan kebersihan
mulut yang lebih baik, mengurangi perdarahan gingiva dan karies dentin yang
tidak diobati dalam intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol semua
bermanfaat untuk menghindari-risiko endokarditis infektif di masa depan. Jadi
disini peran aktif masyarakat sebagai penyelenggara kesehatan yang menjadi
strategi promkes gigi dan mulut.
ü
INDONESIA
Strategi Promkes di Indonesia
ditujukan pada Dukungan sosial tokoh masyarakat dan tokoh agama, sasaran nya
adalah Guru sebagai tokoh masyarakat.Guru sekolah berperan sebagai pendidik
kesehatan gigi dan mulut dan perlu diberi pelatihan untuk meningkatkan
pengetahuan kesehatan gigi dan menyempurnakan keterampilan komunikasi. Selain
membidik tokoh Masyarakat, Media yang digunakan pun memiliki peran yang tak
kalah penting untuk mendapatkan keberhasilan promosi kesehatan yang
ditargetkan.
DAFTAR PUSTAKA
https://dentalsemarang.wordpress.com/kebijakan-promosi-kesehatan-dalam-piagam-ottawa-charter/
( Diakses tanggal 01 Oktober 2018 )
http://promosikesehatandianhusada.blogspot.com/p/strategi-global-dian-husada.html (Diakses tanggal 01 Oktober 2018 )
0 Response to "STRATEGI PROMOSI KESEHATAN"
Posting Komentar